Laman

Selasa, 16 Oktober 2012

MATERI PERKULIAHAN

Tips Membuat Berita Feature Radio Yang Efektif :
  1. Karena durasi feature yang lebih panjang, biasanya akan ada jeda komersil (iklan) yang di persiapkan. buatlah jeda pada bagian rasa ingin tau pendengar. namun, meskipun demikian pastikan jeda-jeda tersebut tidak mengganggu jalannya alur cerita. ciptakan di setiap jeda kalimat yang berkesinambunga. jadi ketika pendengar menyimak kelanjutan feature, mereka tidak kehilangan konteks.
  2. Saat menggunakan klip yang merupakan kutipan wawancara dari sumber seperti pakar, periksalah klip tersebut tidak memuat istilah teknis yang mungkin hanya diketahui sebagian orang saja. disarankan untuk tidak menggunakan klip tersebut. atau jika memungkinkan, mintalah sumber anda untuk mengganti pernyataannya dengan istilah yang mudah di pahami oleh orang awam. namun jika hal itu sudah tidak memungkinkan lagi, narasikan istilah tersebut kedalam bentuk yang mudah di pahami.
  3. Jangan gunakan klip sebagai pengantar feature. tetapi pakailah narasi sebagai pengantar agar pendengar dapat lebih mudah menyimak klip yang akan di sajikan. jangan membuat narasi yang sama persis dengan isi klip. itu akan sangat membosankan.
  4. Klip jangan terlalu panjang, jangan pula terlalu singkat. idealnya berkisar 15 sampai 30 detik. karena itu, kembali di ingatkan saat merekam sebuah wawancara, ajukan pertanyaan yang tidak menimbulkan jawaban bertele-tele. makin panjang wawancara yang anda rekam, makin tersiksa waktu untuk menyimak kembali. jadi cukup pertanyaan-pertanyaan penting saja yang anda rekam.
  5. Untuk kepentingan klip, penggallah wawancara pada nada suara turun dari sumber anda. ini untuk menciptakan kesan yang selaras dengan awal narasi yang nanti akan dibuat sebagai penyambungnya. juga untuk menghilankan kecurigaan pendengar bahwa (masih) ada bagian lain dari pernyataan sumber yang mungkin ingin dia sampaikan.
          (diposting oleh : Laila Fitriani)


Tidak ada komentar: