Laman

Jumat, 12 Oktober 2012

ETIKA BERKOMUNIKASI DALAM TEKNOLOGI

oleh :  Abdul fadli.k


Normalitas masyarakat indonesia yang begitu akrab mengunakan media komunikasi seperti hanphone dengan fitur-fitur yang sangat cangih saat ini memberikan kita kedekatan yang nyaris tanpa batas terhadap orang-orang yang ada di sekitar kita sebagian orang menganggap hal ini sebagai nilai postif,namun kebanyakan dari kita telah melupakan etika yang merupakan bagian dari penilaian orang terhadap kita.
Hal ini kenmudian mendaji ketakutan bagi sebagian masyarakat termasuk penulis sendiri.Apakah dalam berteknologi kita bebas berekspresi...?tentu semua itu benar tetapi pertanyaan selanjutnya,apakah dalam mengunakan teknologi kita harus melupakan nilai-nilai kesopanan yang menjadi budaya kita sendiri...?

tentu pertanyaan ini perlu penjelasan yang lebih,


menjawab pertanyaan tersebut,pertama-tama kita harus bertanya siapa kita..?darimana kita bersal..?dan mengapa manusia di perhadapkan dengan perbedaan usia satu sama lain..?

kita akan menjelaskan pertama kita adalah anak indonesia yang beradab dan berbudaya,yang kedua kita berasa dari kebudayaan yang penuh dengan syarat dan nilai kemanusiaan yang sangat tinggi,dan yang ketiga kita di perbedakan berdasarkan usia agar diatara perbedaan itu ada penghormatan kepada yang lebih itu,itulah yang di sebut budaya indonesia.

Teknologi bukanlah alat untuk mengikis itu semua melainkan bagian dari itu semua yang menjadi kebutuhan saat ini teknologi hadit untuk memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari bukan merusak moral kita, pertanyaan selanjutnya, gaiamana ber etika dalam teknologi...?jawabannya adalah jadikanlah teknologi itu bagian dari budaya itu sendiri bukan sebagai pengganti budaya  sebab jika demikian maka naturalitas bangsa kita sendiri akan di pertaruhkan,

dalam gagasan budaya nusantara di sebutkan bahwa setiap wanga negara indonesia adalah mahluk yang berbudaya,maukah kita menjadi orang yang tidak berbudaya...?

 oleh karena itu budayakanlah norma-norma kesopanan kita dalam berteknologi baik teman sebaya dan terlebih kepada orang yang lebih tua.



JANGAN BIARKAN TEKNOLOGI MENGIKIS DAN MENGHAPUS JATI DIRI KITA SEBAGAI MAKHLUK YANG BERBUDAYA.

Tidak ada komentar: