Laman

Sabtu, 26 Januari 2013

Konsep Desain Media Cetak


    Sebelum memulai merancang sebuah tampilaan untuk media cetak yang akan kita buat, pastikan untuk terlebih dahulu mempertimbangkan konsep desain berikut :


      1.  Tujuan Desain: menghibur, informatif, persuasif (seperti iklan).


Media yang ingin menghibur sebaiknya menampilkan tata letak yang tidak kaku dan formal. Sebaliknya, untuk media informatif, kesan serius dan cerdas harus terciri dari tata letaknya.

2.  Target audiens atau kepada siapa desain ini ditujukan: ciri demografi mereka, psikografi, termasuk gaya hidupnya.


Seperti layaknya berkomunikasi, pesan kita akan lebih baik diterima jika sebelum mengemasnya kita terlebih dahulu menentukan kepada profil audiens seperti apa kita berbicara.

3. Cara pesan tersebut dikemas. Misalnya apakah setiap materi secara tuntas disajikan di tiap halaman atau bersambung.

4.  Di mana, kapan, dan bagaimana media tersebut di baca.


Kenyamanan pembaca sebaiknya menjadi pertimbangan kita saat misalnya memutuskan untuk memilih jenis huruf, jumlah kolom, termasuk ukuran dan jumlah halaman.

5.  Ukuran media, kualitas cetak dan bahan, serta teknis pencetakan yang akan digunakan.

Misalnya, dengan mengetahui kualitas cetak seperti apa yang akan digunakan, kita dapat menyesuaikannya dengan tujuan desain seperti di poin satu tadi.(Adam Said)


(sumber: http://isukomunikasi.blogspot.com)

Tidak ada komentar: