Laman

Kamis, 15 November 2012

AMISH-SUKU BADUYNYA AMERIKA SERIKAT

Jangankan mobil, internet, telepon kartu kredit, bahkan pakaian yang mereka kenakan saja mirip masyarakat abad ke-17. Mereka juga berani menolak membayar pajak atau wajib militer kepada pemerintah Amerika. Sebagai gantinya mereka hidup menyendiri.
                Tidak banyak orang tahu bahwa di negara serba canggih seperti Amerika serikat ada suku terasing atau lebih tepatnya mengasingkan diri, gaya hidup mereka terbilang unik dan nyentrik karena menolak kemajuan dan bertahan pada gaya hidup ala era victoria pada abad ke-17.suku itu biasa di sebut sebagai orang Amish. Suku Amish ini sebenarnya adalah sebuah denominasiatau aliran kristen anababtis yang hidup di wilayah Amerika serikat dan Ontario, kanada. Suku ini sangat terkenal dengan gaya hidup yang melakukan pembatasan terhadap penggunaan peralatan moderen sperti mobil, telepon, hingga kartu kredit namun Tanpa peralatan moderen, orang amish mampu mandiri dan hidup dengan tenang.
                Keterasingan orang amish ini inidikarenakan pola hidup mereka yang memisahkan diri dari masyarakat, umum nya karena alasan-alasan keyakinan dalam menjalankan doktri-dokrin keagamaan mereka  dan yang lebih uniknya lagi untuk ukuran masyarakat moderen barat , suku Amish sangat menolak dan menghindarkan dirinya dari keikut sertaan program asuransi. Dari jumlah populasi suku Amish bisa di bilang lumayan besar, menurut sensus Amerika Serikat, pada tahun 2000 lalu saja populasi suku Amish mencapai 198.000 jiwa, mereka sama sekali tak membatasi jumlah keturunan umumnya dalam satu keluarga suku amish mempunyai keturunan 6 sampai 8 orang anak
                Suku Amish  adalah keturunan orang Swiss-Jerman  tetapi bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Jerman-Pennsylvania, mereka menyebut bahasanya Deitsch. Kepekaan langit ,malam dan keheningan malam sangat terasa di pemukian suku Amish, mereka sama sekali tak menggunakan lampu atau teknologi lainnya untuk sarana transportasi saja mereka hanya menggunakan kereta kuda , sementara transaksi ekonomi masih menggunakan trnsaksi yang sangat tradisional yaitu barter. Prinsip suku Amish dengan hidup tradisional, mereka berkontribusi dalam menjaga alam semesta yang telaah di karuniakan oleh tuhan terhadap manusia. (by: desy)

Tidak ada komentar: